Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Desain Denah Rumah Minimalis 3 Kamar, Lebih Nyaman & Luas

Salah satu faktor utama yang bikin rumah bisa terasa lapang meskipun ukurannya tidak luas adalah desain denah rumah tersebut. Jika denah rumah dibuat dengan tepat, ruangan-ruangan yang diinginkan bisa dibuat di rumah, tanpa membuatnya jadi terasa sempit. Untuk kamu yang ingin membuat desain denah rumah minimalis 3 kamar, nih MiMo kasih ide cemerlang untuk mewujudkannya.  

Denah Rumah 3 Kamar 2 Lantai 

Denah Rumah 3 Kamar 2 Lantai 
Denah Rumah 3 Kamar 2 Lantai 

Untuk desain rumah 3 kamar tidur, kamu bisa bikin rumah dengan 2 lantai. Pada lantai pertama rumah, kamu bisa taruh garasi di bagian depan, serta kamar tidur di bagian tengah yang berdampingan dengan ruang keluarga. Untuk kamar mandi dan dapurnya sendiri berada di bagian belakang yang saling berdampingan. 

Pada lantai dua rumah, terdapat 2 kamar lagi yang berukuran sama dengan kamar di lantai pertama. Sedangkan untuk kamar mandi bisa diposisikan di bagian belakang lantai dua tersebut. Kamu bisa manfaatkan ruang yang tersisa di lantai atas ataupun lantai bawah sebagai tempat atau area menjemur pakaian, yang sekaligus bisa difungsikan sebagai taman kecil di rumah.

Denah Rumah 3 Kamar Teras Luas

Denah Rumah 3 Kamar Teras Luas
Denah Rumah 3 Kamar Teras Luas

Bagi kamu yang ingin desain rumah 3 kamar tidur dengan ukuran teras yang luas di bagian depan, inilah desain denah yang cocok untukmu. Pada bagian depan, terdapat teras yang luas, lalu setelahnya terdapat ruang tamu dan ruang makan yang saling berdampingan. Kamu bisa pasang dinding atau sekat temporer untuk memisahkan kedua ruangan tersebut. 

Pada bagian belakang ruang tamu dan ruang makan, terdapat kamar tidur pertama yang berada sejajar di samping dapur. Makin masuk ke dalam, kamu bisa posisikan 2 kamar mandi dengan ukuran yang sama. Pada bagian paling belakang rumah, terdapat 2 kamar tidur, dengan salah satu ukurannya lebih besar dibanding 2 kamar tidur lainnya karena merupakan kamar tidur utama. 

Denah Rumah 3 Kamar Minimalis Type 36

Denah Rumah 3 Kamar Minimalis Type 36
Denah Rumah 3 Kamar Minimalis Type 36

Untuk denah rumah minimalis 3 kamar tidur type 36, posisikan 1 kamar tidur di sayap kiri rumah, lalu 2 kamar tidur lainnya berada berdampingan di sayap kanan rumah. Posisikan ruang keluarga yang sekaligus difungsikan sebagai ruang tamu di bagian depan rumah, lalu setelahnya ruang makan. Kamu bisa pakai sekat untuk membatasi ruang tengah dan ruang makan tersebut. 

Nah, dapurnya sendiri berada tepat di sebelah ruang makan atau bisa dibilang di bagian paling belakang rumah. Mengingat ruang yang tidak terlalu besar di rumah minimalis ini, kamar mandinya cukup kamu buat satu saja, yang posisinya berada di samping kamar tidur pada sayap kiri rumah. Meskipun rumahnya tidak terlalu luas, namun ada beberapa kamar yang bisa ditempati.  

Denah Rumah 3 Kamar Memanjang

Denah Rumah 3 Kamar Memanjang
Denah Rumah 3 Kamar Memanjang

Jika kamu ingin punya rumah minimalis dengan 3 kamar tidur, kamu juga bisa pakai denah rumah 3 kamar memanjang. Untuk pintu masuk rumah diposisikan di bagian samping rumah, yang kemudian mengarah langsung ke ruang makan yang digabung jadi satu dengan dapur karena konsep minimalis dikenal dengan open space-nya. Pada samping ruang makan terdapat ruang tamu.

Posisi tiga kamar tidur sendiri berada di bagian samping rumah yang berdampingan dengan garasi. Jadi, posisi ketiga kamar ini nantinya akan membentuk huruf L, dengan kamar yang berada di sudut berukuran lebih besar dibanding 2 kamar lainnya. Pada ruang di antara sudut ketiga kamar tersebut bisa diisi dengan 2 kamar mandi dengan ukuran yang sama. 

Denah Rumah 3 Kamar ala Japandi

Denah Rumah 3 Kamar ala Japandi
Denah Rumah 3 Kamar ala Japandi

Selanjutnya, ada desain denah rumah minimalis 3 kamar ala Japandi. Gaya Japandi ini sendiri dikenal dengan penggunaan material kayu pada sejumlah elemen rumah tersebut, sehingga membuatnya memberi kesan yang elegan dan hangat untuk ditempati. Rumah ini memiliki 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 dapur, lalu ruang tengah yang bergabung dengan ruang makan. 

Bagian teras rumah bisa sekaligus digunakan sebagai tempat untuk menerima tamu. Setelah ruang tengah di bagian depan, terdapat ruang makan, lalu kemudian dapur di bagian ujung yang dibatasi dengan dinding. Dua buah kamar terletak berjajar di bagian samping ruang tengah, lalu di seberangnya terdapat satu buah kamar utama dan di sampingnya berada dua buah kamar mandi.   

Denah Rumah 3 Kamar Bergaya Modern

Denah Rumah 3 Kamar Bergaya Modern
Denah Rumah 3 Kamar Bergaya Modern

Jika kamu ingin memiliki rumah minimalis dengan gaya modern, maka desain rumah 3 kamar tidur bergaya modern ini layak kamu pakai. Untuk menonjolkan sisi modern dan minimalis dari rumahmu tersebut, kamu bisa gunakan cat dinding dengan warna putih yang akan memberi kesan bersih dan elegan. Gunakan juga perabotan multifungsi agar bisa menghemat ruang di rumah tersebut. 

Pada denah rumah minimalis 3 kamar bergaya modern ini, area ruang keluarga, ruang makan, dan dapur dibuat menyatu. Satu buah kamar tidur berada di bagian depan rumah, sedangkan dua buah kamar tidur lagi berada di bagian sudut belakang rumah dengan posisi sejajar. Kamar mandi bisa dibangun di sebelah kamar tidur paling belakang dengan ukuran yang cukup besar. 

Bagaimana, sudah kebayang sekarang denah rumah minimalis 3 kamar yang ingin kamu coba aplikasikan pada rumahmu? Agar nantinya rumahmu yang dibuat dengan 3 kamar tidur tidak terasa sempit, kamu bisa pakai konsep open space, di mana beberapa ruang digabung menjadi satu tanpa dibatasi oleh dinding. Meskipun kamarnya banyak, dijamin rumah tetap terasa luas dan lapang. Tidak lupa juga, untuk mengisi furniture seperti lemari pakaian, spring bed, laci penyimpanan, sofa maupun meja rias yang bisa kamu beli di MORE Furniture. Pasti gratis ongkir!