Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seni Ukir Kayu yang Menakjubkan di Indonesia, Ini Faktanya!

Kesenian yang ada di Indonesia tentu terdiri dari berbagai macam jenis. Selain seni musik maupun tari, ada juga seni karya berupa barang seperti seni ukir kayu. Selain karena mudah didapat dan relatif mudah diukir, material kayu menarik minat para seniman dan desainer bahkan sejak berabad-abad yang lalu. Kayu yang digunakan sangat bervariasi, tergantung tingkat kekerasan dan seratnya.


Kayu yang paling umum digunakan termasuk boxwood, pinus, pir, walnut, willow, oak, dan ebony.Sejak kayu dipoles dan diwarnai hingga apresiasi terhadap kualitas dan tekstur alaminya, kayu tidak hanya mengambil bentuk yang dibayangkan seniman tetapi juga dihargai karena memiliki kualitas estetika yang tidak berubah.

Mengukir kayu adalah bentuk pengerjaan kesenian dengan menggunakan alat pemotong atau pisau khusus. Alat ini juga dikenal dengan sebutan alat ukir kayu. Alat ini juga digunakan bersama dengan sebuah palu di tangan lainnya sehingga menghasilkan penggambaran bahkan patung berbahan kayu yang merupakan bagian dari seni ukir kayu. Seni ukir kayu mencakup segala jenis patung di kayu, mulai dari relief dekoratif pada benda-benda kecil hingga figur berbentuk bulat, furnitur, dan dekorasi arsitektur.